The Blog

International Conference on Education

Bengkulu-Universitas Bengkulu berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu cara dengan mengirimkan tenaga dosennya sebagai keynote speaker berbagai kegiatan pelatihan bersifat nasional maupun internasional.

Pada tanggal 24 Januari 2019, Dr. Muhammad Kristiawan, M.Pd. menjadi salah satu keynote speaker pada International Conference on Education, dengan Tema Method of Teaching Strategy: Developing Creativity and Innovation for Teacher di Auditorium International Islamic University Malaysia (IIUM) Kuala Lumpur.

Para pembicara pada Conference ini, yaitu Ms Daniela Steimbei dari Rumania, Dr Abdul Razak Bin Zakaria yang berasal dari Faculty of Education University of Malaya, dan Dr Muhammad Kristiawan, MPd dari Universitas Bengkulu, Indonesia. Sedangkan peserta Conference berasal dari berbagai negara seperti Rumania, Saudi Arabia, Indonesia, Bangladesh, dan Malaysia.

Dalam paparannya, Ms Daniela Steimbei dari Rumania mengatakan, para guru di zaman sekarang harus mempunyai pengetahuan dan kemampuan untuk mencari dan meng-upload berbagai informasi dari internet. Dengan kata lain pengetahuan IT sangat diperlukan. Maka dari itu, menurut dia, guru harus meng-update serta berinovasi dan kreatif. Sedangkan Dr Abdul Razak Bin Zakaria yang berasal dari Faculty of Education University of Malaya dalam paper dengan judul ‘Devising Creative and Innovative Ideas of Teaching Method’ menyampaikan bahwa guru harus kreatif dan inovatif. Karena apabila tidak kreatif dan inovatif maka para siswa akan merasa jenuh dan bosan. Abdul Razak melanjutkan Big Issues Nowadays Impact on Education seperti industrial Revolution 4.0, Globalization, The world at the fingertips, dan open sky, di mana para siswa dapat mempengaruhi dunia melalui komputer. Sementara Dr Muhammad Kristiawan, MPd dari Universitas Bengkulu, Indonesia lebih banyak menyoroti kurangnya pengetahuan dan kemampuan para guru mengoperasikan komputer sebagaimana hasil penelitian-penelitian yang ada. Muhammad Kristiawan mencoba untuk membuat berbagai program atau software untuk memecahkan masalah tersebut. Menurut Muhammad Kristiawan apa yang menjadi permasalahan para guru tentang berbagai kelemahan dan kekurang mampuan terhadap IT, dapat teratasi setelah adanya analisa, design, dan pembuatan program yang dilakukannya sehingga para guru sudah tidak lagi mengalami kendala.

 

Editor: Wisdi Risanto

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website